5 Jenis Makanan yang Direkomendasikan untuk Anak Setelah Olahraga 

Aktivitas fisik anak usia balita minimal satu jam setiap hari berdasarkan rekomendasi organisasi kesehatan dunia atau WHO. Orang tua bisa mengajak anak melakukan olahraga secara rutin untuk membentuk kebiasaan baik si kecil. Olahraga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan untuk buah hati tercinta.  Beli Enfagrow untuk minuman susu yang mengandung nutrisi tinggi agar stamina si kecil tetap prima setelah olahraga. 

Makanan Bernutrisi untuk Anak 

Anak membutuhkan makanan yang kaya protein, karbohidrat dan lemak setelah melakukan olahraga yang menguras energi. Selain segelas susu, Anda juga bisa memberikan rekomendasi makanan yang kaya nutrisi untuk memenuhi kebutuhan gizi anak yaitu :

  • Greek yoghurt

Dibandingkan yoghurt biasa, Greek yoghurt mengandung protein yang lebih tinggi sehingga bisa membuat anak menjadi lebih berenergi setelah melakukan aktivitas fisik yang berat. Anda bisa menyajikan makanan ini dengan buah-buahan agar kaya rasa seperti kiwi, beri atau pisang.

  • Roti gandum utuh 

Tidak hanya anak-anak saja, Anda yang suka olahraga juga bisa menjadikan roti gandum utuh sebagai menu makanan setelah aktivitas fisik. Kandungan karbohidrat kompleks pada roti gandum bisa membuat tubuh Anda kenyang lebih lama, kembali berenergi dan siap melakukan aktivitas fisik lainnya.

  • Telur rebus 

Pada anak yang susah tidur, Anda bisa mengajaknya melakukan olahraga pada sore hari. Untuk mengembalikan energi yang hilang, berikan makan malam berupa telur rebus yang mengandung protein tinggi. Selain bisa mengenyangkan perut yang lapar setelah aktivitas fisik, anak bisa istirahat malam lebih nyenyak. Tidur yang berkualitas akan merangsang pertumbuhan tubuh yang lebih baik, apalagi makan telur utuh telah terbukti bisa meningkatkan pertumbuhan anak dan perbaikan otot-otot mereka.

  • Daging ayam 

Daging ayam bisa menjadi menu yang baik setelah olahraga seharian. Anda bisa memilih bagian dada ayam untuk menu makan si kecil, kemudian tambahkan beras merah dan sayuran hijau untuk khasiat yang lebih optimal. 

  • Alpukat 

Setelah olahraga, anak bisa merasa lelah dan kehilangan elektrolit lebih banyak. Anda bisa mengembalikan kebugaran anak dengan memberikan menu berupa buah alpukat yang kaya lemak sehat. Energi yang hilang bisa tergantikan kembali sekaligus tidak membuat tubuh menjadi lebih gemuk. Bila anak tidak suka makan buah alpukat langsung, Anda bisa mengolahnya menjadi bentuk smoothies atau dicampur dengan yoghurt

Memberikan segelas susu putih atau coklat untuk anak setelah olahraga juga bisa menjadi solusi minuman sehat pasca olahraga. Anda bisa beli Enfagrow di toko online perlengkapan bayi yang terpercaya dengan harga lebih kompetitif. Yuk, berikan asupan makanan dan minuman bernutrisi tinggi untuk tetap menjaga stamina anak maksimal setelah melakukan olahraga rutin! Anda pasti senang melihat anak tumbuh sehat dan tetap bugar sepanjang hari, bukan?

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.