Kandungan yang Harus Ada dalam Shampo Anti Ketombe Terbaik

Ketombe biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kulit kepala kering atau berminyak dan infeksi jamur atau bakteri. Cara paling ampuh mengatasi dan menangkal ketombe datang lagi adalah dengan keramas menggunakan shampo anti ketombe. Untuk memilih produk yang tepat, pastikan 5 kandungan dalam shampo anti ketombe terbaik yang Anda gunakan.

1.  Zinc

Zinc menjadi suatu bahan wajib yang ada dalam sampo anti ketombe karena zinc memiliki khasiat membunuh jamur dan bakteri penyebab ketombe. Selain itu, senyawa ini diketahui dapat memperbaiki tekstur dan kesehatan rambut secara menyeluruh. Bahkan, zinc bisa mengurangi kerontokan rambut yang dipicu oleh sel kulit mati di kepala.

2. Asam Salisilat

Asam salisilat merupakan bahan aktif yang biasa digunakan untuk mengatasi ketombe. Cara kerjanya adalah dengan meluruhkan ketombe. Jenis ini cocok digunakan untuk ketombe yang disebabkan oleh dry scalp dan psoriasis. Asam salisilat akan melunakkan ketombe dan merontokkannya secara optimal.

3.  Selenium Sulfide

Selenium sulfide diketahui memiliki efek ganda, yaitu mengatasi ketombe sekaligus mampu merangsang pertumbuhan sel kulit kepala yang baru. Shampo anti ketombe dengan kandungan ini cocok digunakan pada rambut berketombe karena seborrheic dermatitis dan psoriasis.

Senyawa ini mengatasi ketombe dengan melawan infeksi yang disebabkan oleh jamur dan menghilangkan jamur di kulit kepala. Selain itu, senyawa ini mampu melambatkan penuaan dan matinya sel-sel kulit kepala.

  • Tea Tree Oil

Shampo anti ketombe terbaik biasanya mengandung tea tree oil karena manfaatnya yang banyak. Senyawa ini bisa menghambat pertumbuhan jamur penyebab ketombe. Selain itu, senyawa ini bisa membersihkan rambut dengan tetap mempertahankan kelembaban dan kehalusan rambut.

Selain itu, tea tree oil mampu memperkuat kulit kepala dengan merangsang pertumbuhan sel-sel rambut. Bahkan, bahan ini bagus dalam menebalkan rambut dan menyehatkan kulit kepala. Sensasi segar dan lembab juga bisa Anda rasakan dari penggunaan ini.

  • Ketoconazole

Ketoconazole sangat ampuh sebagai anti-jamur sehingga sering dicampurkan pada sampo sebagai anti ketombe. Sampo dengan kandungan ini juga bisa meredakan rasa gatal karena ketombe. Namun, senyawa ini cukup keras sehingga penjualannya terbatas. Sampo dengan kandungan ini cocok digunakan bagi penderita ketombe karena seborrheic dermatitis.

Mengatasi ketombe dengan sampo khusus harus disesuaikan dengan penyebab ketombe agar hasil yang optimal. Hasil ini bisa dipengaruhi dengan kandungan-kandungan yang terdapat pada sampo. Oleh sebab itu, pilihlah shampo anti ketombe terbaik yang cocok dengan kondisi rambutmu.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.